Top Menu

Sabtu, 10 November 2012

prestasi anak indonesia di bidang biologi


Indonesia boleh berbangga karena salah satu putera terbaikny,  Anugerah Erlaut, meraih medali emas di International Biology Olympiad (IBO) ke-20 di Tsukuba, Jepang 2009.
Bagi Anugerah, dunia pendidikan khususnya Biologi seperti sudah mendarah daging dalam tubuhnya. Aktivitas hidupnya ia curahkan untuk belajar dan berkarya.
“Saya senang dengan hasil tersebut, karena saingannya banyak dari 56 negara, 221 peserta dengan dua tes soal, yaitu tes teori dan praktek dan alhamdulillah kami sanggup melewatinya,” ujarnya tersenyum.
                Pria kelahiran Jakarta 18 tahun silam itu, sempat meraih emas pada OSN 2007 di Surabaya dan Best Teori. Pada IBO ke-19 tahun 2009 di India, Agi, begitu sapaan akrabnya, mendapatkan medali perak. Belum puas dengan prestasi tersebut, pada IBO ke-20 di Tsukuba, Jepang 12-17 Juli 2009, kembali memperbaiki perolehan medalinya menjadi emas.
                Hanya dalam waktu tiga tahun putra dari pasangan Agus Samamiharja dan Dwi Ameliana mencatat prestasi yang luar biasa. Betapa tidak, pelajar yang bercita-cita sebagai seorang pebisnis itu harus rela meninggalkan orang tua dan adik-adiknya saat menjalani persiapan dan latihan dengan banyak belajar dalam menghadapi OSN dan IBO tahun 2007 hingga 2009 lalu.
                Belum lagi harus membagi waktu untuk belajar pagi sore untuk persiapan OSN, IBO dan sekolahnya di SMA Kharisma Bangsa, Tangerang. Semua ini memotivasi Anugerah untuk mengukir prestasi terbaik agar bisa mengharumkan nama Indonesia, sekaligus menunjukkan baktinya bagi orang tua di usia lanjut nanti.
“Terus terang medali emas ini saya persembahkan untuk orang tua dan bangsa Indonesia,”ujarnya mantap.
Dia pun tidak lupa akan sumbangsih dari mereka yang berjasa di balik kesuksesan prestasi ditorehkannya selama ini.
“Ketika duduk di bangku SMP saya menyukai fisika. Setelah masuk SMA saya disuruh guru untuk mewakili sekolah di ajang OSN dan IBO,” kata Anugerah. Dia mengisahkan menekuni kejuaraan Internasional Biologi sejak duduk di kelas dua SMA tahun 2008 lalu dan tidak menyangka dapat medali perak dan emas.
                Namun, setelah menjalani kejuaraan tersebut ternyata mengasyikan. Apalagi setelah dipercayakan mewakili Indonesia pada kejuaraan IBO di India dan Jepang, pada tahun 2008 dan 2009 ini.
                Keberhasilan Anugerah meraih medali emas dan mendapatkan peringkat ke-21 di Tsukuba Jepang, bisa dikatakan prestasi yang lebih baik dari sebelumnya. Pasalnya, meski harus berlomba dengan tiga peserta IBO dari Indonesia, Anugerah tak pernah merasa kendur. Bahkan, bermodalkan semangat, ia berhasil menerobos dominasi peraih medali dan menjadi satu-satunya peserta Indonesia yang meraih medali emas pada IBO 2009.
                Prestasi Anugerah semakin memperpanjang daftar prestasi SMA Kharisma Bangsa dalam kancah Internasional. Sekolah yang baru berumur tiga tahun ini telah beberapa kali mengaharumkan nama bangsa melalui kejuaraan-kejuaraan sains yang diikutinya.
                Ke depan, Anugerah akan melanjutkan pendidikannya pada jenjang S1 di NTU, Singapura selama empat tahun dengan dibekali beasiswa dari pemerintah, dan setelah itu langsung bekerja di salah satu perusahaan Singapura selama tiga tahun.
Tinggal dua minggu lagi saya akan berangkat ke Singapura untuk mengenyam pendidikan S1 dan selama tujuh tahun saya akan meninggalkan kedua orang tua dan adik-adik saya demi mendapatkan masa depan yang lebih baik,” imbuhnya.


1 komentar:

  1. PENGAKUANG DARI IBU HASNA DI MALAYSIA
    Asslamualaikum....
    saya hanya sebagai perantara untuk menyampaikan tentang dana ghaib diperoleh melalui media doa-doa dzikir khusus bersama anak-anak yatim/piatu dan muda/mudi pesantren sehingga jauh dari hal-hal klenik/mistik yang tentunya dilarang oleh Agama.
    PROGRAM PENARIKAN DANA GHOIB 1/2 HARI CAIR
    Tingkat 1 = Untuk Hasil 500 Juta
    Tingkat 2 = Untuk Hasil 1 Milyar
    Tingkat 3 = Untuk Hasil 2 Milyar
    Tingkat 4 = Untuk Hasil 3 Milyar
    Tingkat 5 = Untuk Hasil 4 Milyar
    Tingkat 6 = Untuk Hasil 5 Milyar
    Tingkat 7 = Untuk Hasil 6 Milyar
    Tingkat 8 = Untuk Hasil 7 Milyar
    insyallah akan sukses jika anda mau mengambil keputusan untuk mengikuti program ini. ingat bahwa kita yang menjalakan tapi allah yang akan menentukan hasilnya.
    JIKA ANDA BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH AKAN BERHASIL, SAYA SENDIRI SUDAH BUKTIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL. JIKA ANDA BERMINAT SILAHKAN MBAH SORE - 085-256-133-981-Terima Kasih

    BalasHapus